Selasa, 09 Agustus 2011

E-Novel (electronic novel) part 15

Selang beberapa menit kemudian bel bunyi. Aku ngerasa itu bel bunyi nya cepet banget, barusan masuk, udah pulang lagi. Tapi baguslah.

"Ran, mau pulang?" tanya Sela
"Ya deh, bosen nih, lagian kan udah pada tau barang bawaannya" kataku
"Yuklah pulang, saya juga dah males nih Ran"
Kami pun beranjak dan mengambil tas, bersiap siap, siaga, dan MAJUU!! geje ih.
"Ran, Sel, mau makan bareng dulu nggak? makan di kantin?" tanya Oni
"Terserah sih" kataku
"Kalo Ran mau sok aja, tapi saya mah mau pulang aja, udah cape Ni,maap yah" kata Sela
"Oh, okedeh Sel, kamu gimana Ran? Mm.. hehe kamu pulang aja, saya sendiri aja" kata Oni
"Eh? Beneran gapapa Ni? Maap yaa.. maap banget.."
"Gapapalah.. biasa.. Yaudah, hati hati dijalan ya"
"Iya" kata ku dan Sela
Oni pun menghilang di balik pintu, dia berjalan cepat ke kantin. sendirian. Agak nggak enak juga sih sama Oni, kasian gitu jajan sendirian. Maunya sih nemenin, tapi ga enak juga sama Sela, ntar dia pulang sendiri kan kasian, lagian aku juga ga bisa pulang sendiri sekarang, belom tau jurusannya, belom tau turunnya gimana, ntar nyasar lagi. Jadi yaudah deh, ku layangkan sejuta maaf untuk Oni.
Setelah itu pun aku dan Sela mengikuti jejak Oni keluar kelas, angin langsung menyambar dan kerasa sejuuuk banget. Semangatku tumbuh lagi, aku ajak Sela lari, tapi dia gamau, cape katanya. Yasudah, aku ikutin aja dia jalan. Terus, kita sampe di gerbang, dan menuju pinggir jalan. Langsung nyari angkot sih, tapi sebenernya yang nyari angkot si Sela, aku sih cuma ngikut aja, nggak tau jurusannya gapapalah, yang penting bisa selamat sampe dirumah. Ya kan?
"Ran, udah tu jurusannya belom? Jangan jangan ga tau lagi" Kata Sela tiba tiba saat kami sudah naik kedalam angkot
"Hehehe.. Belom Sel, kan kataku juga aku orang baru disini" kataku
"Yah eluuh.. Kita ke royal cintaaa.."
"Eh, Sel? Normal?"
"Huahaha.. sebenernya nggak" bisik Sela padaku
"Hiii.. kamu nih"
"Huahhaha.. santai Ran, ga gigit ko"
"Heu, kamu nih"
Kami pun diam, tak saling berpandangan. Sela membuka jendela dan merasakan sejuknya angin. Aku duduk termenung sambil melihat sekeliling jalan. Diam bersama sama dalam angkot yang hanya ada kita berdua dan sang sopir. Tak lama 4 anak smp lain yang masuk angkot kami, 1 cewe 3 cowo dan..
"Aih, Sela!" kata seorang anak cowok smp lain
"Aih? Obi? Baru pulang luh?" kata Sela
"Iyah, gua baru keluar" kata anak itu lagi
Aku hanya diam mendengarkan obrolan mereka, kan aku belom kenal, masa tiba tiba bilang 'hei bro! apakabar lo? lama kagak ketemu yah' kan ga nyambung ntarnya. Tapi nggak lama..
"Oh ya Bi, ini Ran. Temen sekelas gua, dia baru pindah dari Bogor, rumahnya deket rumah gua, rumah ka Fana, Bi" kata Sela
"Oh, gua Roby, pangil Obi aja biar nyantei.. " kata si 'Obi'
"Emm.. Iya.. saya, Runi.. eng.. panggilnya Ran, aja" kataku rada ga lancar
"Ran, gausah salting. Biasa aja" kata Sela
"heuh? siapa yang salting Sel?" kataku
"Haha.. canda, nih, si Obi tuh tetangga kita juga, cuma rumahnya masuk gang, jadi bukan jalan mekar, dia mah di pelosok, hueheh" kata Sela
"Iya iya.. gua mah anak pelosok, ga kaya lu Sel"
"Haha.. canda Bi, becanda.."

Setelah itu kita ngobrol dikit, atau lebih tepatnya si Sela sama Obi yang maen canda candaan, gitulah, aku hanya mendengarkan, tapi itu nambah ilmu juga lah. Aku jadi tau dari percakapan mereka, tentang letak rumah, tentang tempat tempat, dan sebagainya. Sesekali temen si Obi ikutan ngobrol, tapi ngobrolnya sama si Obi doang, si Sela kayanya nggak terlalu kenal juga sama 3 temennya Obi. 1 cewe yang jadi temen Obi itu malah lebih keliatan diem aja, ya namanya dia cewe sendiri. Sama kaya aku gitulah, nggak kenal, jadi ga bisa asal ceplas ceplos. gabisa asal bunyi.
Nggak lama, cewe dan 1 cowo temennya Obi turun, dadah dadahan bentar, disusul oleh 1 cowo lagi temennya Obi setelah beberapa belokan. Lalu Aku dan Sela turun..
"Kiri" kata Sela
"Yah udah turun" kata Obi
"Heheh.. dadah Bi, slamet sampe rumah yeuh.." kata Sela
"Gamau ah, gua ikut turun aja" kata Obi sambil lompat turun dari angkot
"Aih Obi Obi.."
Kami pun membayar ongkos dan berdiri sejenak
"Bi, lu mau ngapain?" Kata Sela
"Gua mau jalan sampe rumah lah, tapi kalo boleh gua mau mapir ke rumah lu dulu, mau maen boleh ga?" pinta Obi
"Haha.. Boleh dong, ayo. Ran mau ikut ke rumah saya nggak? Main bareng yuk kan ga ada kerjaan" kata Sela
"Ya.. boleh sih" kataku ragu tapi kepaksa suasana
"Yeee! Ayo maiin" seru Obi kenceng
Kami pun jalan ke gerbang rumah Sela, disana Sela mempersilahkan aku dan Obi duduk lesehan di teras, sementara dia masuk ke rumah. Agak ga enak juga ya duduk diem sama Obi di teras, ga ada obrolan, sunyi gitu tuh. Tapi untung Sela segera datang sambil bawa 3 gelas air putih.
"Nih, air putih aja ya.. maap ga ada apa apa.."
"Haha.. gua mah udah biasa minum aer kali Sel" kata Obi
"Iya elo mah gua juga tau" kata Sela
"Eh, lo ada kartu kan? maen kartu nyok" kata Obi
"Yuk yuk! Ran mau main kartu yuk?" Ajak Sela
"Ayooo! Sipsip" kata ku semangat
"Nah, gitu dong Ran, semangat" kata Obi
"Hehe.. Iya Bi, tadi sayanya nggak enak sih"
"Haha.. nyentei ajaa.. Ga bakal kenapa kenapa ko.. baek baek ajee.." kata Obi
Kami pun main kartu setelah Sela mengambilkan kartu. Kita main cangkulan, main empatsatuan, main tepoknyamuk/gebrakan, main kucingkucingan, dan macem macemlah, sampe sulap kartu juga di maenin. Sampe ahirnya..
"Yah Sel, gua pulang yak, guanya males kalah terus!" kata Obi
"Yaudah sok" jawab Sela dan aku ga berbarengan
"Haha.. Oke dadah.. Eh Ran, gapulang?" tanya Obi padaku
"Emm.." kulirik jam tangan
"Yaudah deh Sel, saya pulang juga ya.." kataku
"Oh yaudah.. silahkan.. kalo mau main dateng aja yaa.."
"Iya.. Dadah Selaaa!" kata ku dan Obi

Setelah dadah dadahan, aku dan Obi jalan keluar gerbang rumahnya Sela. Aku pertamanya diem aja, meski tadi udah rada deket dan kenal Obi, masih ga enak aja ngomongnya. Takut salah ngomong.


"Ran, rumahnya yang mana? Katanya deket?" tanya Obi tiba tiba
"Oh, em.. Tuh, yang depan, deket kan? rumah kamu?" aku berusaha baik sama dia
"Waah, asik amat lo. Gua kira rumah lu rada jauhan dikit, yah guanya sendiri deh. Yaudah deh gapapalah" katanya kecewa
"Hehe.. Makanya rumah jangan jauh jauuh, haha" 
"Wih, iya sih tuh. Mentang mentang baru pindaah.." katanya
"Loh? Eh, hehe maap Bi" kataku jadi salting 
"Haha.. Yaudah tuh, ini kan? Oh ya, rumah si teteh kan?" 
"Teteh?" aku bingung
"Iya, teh Fana. Iya kan?"
"Oh, kirain siapa, soalnya saya manggilnya kaka, bukan teteh"
"Huaha.. Orang Bogor bukan bahasa sunda ya? Kalo sunda teteh kan?" 
"Iya sih, yaudahlah. Saya juga ga tau ah" kataku pengen cepet cepet masuk rumah
"Mm, yaudah. Ati ati" katanya
"Loh? Udah sampe ko"


Dia pun hanya tertawa sambil terus melangkah ke rumahnya. Aku bengong sambil senyum aneh ngeliat dia, serasa aneh nemu orang yang suka ketawa ketawa geje begitu. Tapi aku segera masuk rumah dengan perasaan seneng. Ya seneng aja udah dapet temen baru lagi.




Selesai deh part 15nya
lama ya? dikit ya?
maap ya kalo kurang memuaskan
insyaallah nanti bisa lebih baik lagi deh, omong2
mau lebaran maaf lahir batin yaa
pokonya jangan pernah nyerah atopun 
putus asa. pelototin aja terus
"Menu Blog" nyaa

Senin, 28 Februari 2011

E-Novel (electronic novel) part 14

Jadilah aku termenung di depan meja makan. Meski udah ada nasi telor dadar yang kayanya udah disiapin ka Fana dari tadi, tapi napsu makannya ga ada. Padahal tadi seneng banget, bisa ngobrol bareng, main bareng, dan sampe ketawa ngakak bareng sama Yega, Galih, Sela. Dari saat itu, aku udah berharap banyak, supaya kehidupan ku di Serang akan sangat baik.

"Wei, udah pulang nih Ran? Pulang sendiri?" ka Fana dateng ga diundang
"Loh, iya ka. Hehe.." jawab ku
"Adeuuh.. yang udah mandiri.. gitu terus ya, biar ka Fana ga repot. hahha" ucap ka Fana ngakak
"Yeeh.. sip deh ka. tapi kalo Ran lagi ga ada ongkos, ka Fana yang anter yaa.. oke oke?" pinta ku
"Haha.. becanda ko, kalo itu sih seterah kamu. mau dianter, ato sendirian" kata ka Fana pergi tak dijemput

Aku diam. Tersenyum kecil karena senang punya kaka yang perhatian dan baik. Ga nyesel deh pindah ke Serang.

Ku tinggalkan itu. Malam pun berganti pagi. Seperti biasa, pagi ini aku bersiap-siap untuk pergi ke sekolah bersama dengan Sela.

"Assalamu'alaikuum.." suara seseorang di depan pintu
"Wa'alaikumsalam.." jawabku setengah berlari ke pintu.
Pintu kubuka, dan Sela sudah berdiri disana..

"Eh, Sel, pagi banget?" aku kaget
"Hehe.. Iya dong Ran, kan ga pengen telat, udah siap kan?"
"Oh.. Iya deh. Bentar ya Sel" kataku masuk ke rumah
"Wokee.."

1 menit berlalu..
"Udah?" tanya Sela
"Iya iya udah" jawabku rada buru-buru
"Yok.."

Kami pun mulai mencari angkot, satu angkot, dua angkot, tapi ga ada angkot yang berenti. Tiap kita ngomong, ntu angkot pasti langsung kabur, ato nggak si mamang sopir nya buang muka. Jahat banget tuh. setelah 10 menit (edan banget, nunggu angkot 10 menit) ada sebuah angkot yang begitu indah dan baguus singgah di depan kita. Dan untung nya lagi, si angkot mau nerima kita yang terlantar ini naik dan duduk di dalam nya. Sayangnya, si mamang angkot nyetirnya pelaaaaan banget. Perjalanan yang biasa nya cuma 10 ato 15 menit, jadi setengah jam, wedeh.

Sesampe nya di sekolah, kita buru-buru bilang 'kiri' dan bayar tanpa basa basi. Kita pun lari ke kelas, karena itu udah jam 7 pas di jam nya Sela. Ga kepikiran banget, yang tadi nya kita kira kita bakal dateng pagi, eh ga tau nya malah telat, pas-pas-an sih. tapi kan, gitu pokonya mah.

"Salamu'alaikum" Ucap Sela agak teriak gara-gara ngos-ngos-an
"Wa'alaikum salam" kata seorang anak perempuan yang berdiri di depan pintu. Kalo ga salah, anak-anak yang lain pada manggil dia Deyey. Padahal saya liat di daftar absen, ga ada tuh yang namanya Deyey. Yaah, nanti tanya lah.

"Eh, belum masuk kan?" tanya Sela pada 'Deyey'
"Belom ko. Bel juga belum." jawab nya
"Huh, untuung" ucap Sela, lega banget keliatannya
"Emm.. Kamu Sela ya?" tanya Deyey
"Iya, hei. Kamu?"
"Saya Yeyen. Tapi panggil nya Deyey aja, hehe" ucap nya sambil senyum pepsoden
"Oh, kenapa Deyey?"
"Haha.. soalnya saya kalo di rumah dipanggil Dek Yeyen, jadi itu anak-anak kelas pada manggil Deyey"
"Ooh.. Oke deh"
"Kalo kamu Ran ya?" kata nya pada ku
"Eh, iya, ko tau?" heran aku
"Itu, si Yega suka manggil-manggil kamu"
"Oh.. oke deh"

TENG TONG TENG

Bel pun berbunyi, dan tanpa di komando lagi, aku, Sela, dan Deyey bubar dari pembicaraan. Kami duduk di kursi masing-masing. Aku duduk dengan teman-teman kelompok Dygosar. Sementara Deyey duduk di kelompok acakacak.

Ga lama, si kaka kaka geje itu pada masuk, dan langsung ngomong..

"Hei, pagi! inget ya, besok udah mau nginep di sekolah. jadi kalian hari ini mesti nyatet apa aja yang perlu dibawa besok, oke?" kata ka Yasmin
"Iya" kata anak-anak, garing
"Sip, nih, dicatet yaa" kata ka Sinta nulis di papan tulis

Kita kita langsung ambil buku, pulpen, dan nyatet. Ada bawaan perkelompok, ada bawaan perorangan. Beeh.. Diriku pengen cepet-cepet besok. pengen banget nginep di sekolah, soalnya, kayanya seru. Wahahahaha...

Seusai ku catat semua, si kaka kaka masih ngobrol di daun pintu, ato mungkin depan pintu, ngalangin jalan. Kurang lebih 7 menit kita murid-murid 7d ini terlantar ga diperhatiin. Terus,

"Eh, udah pada selese belom? ko lama amat?" kata ka Putri, baru nyadar kali ya
"Udah" kita jawab lemes
"Kalo gitu.. mau ngapain yah?" ka Riko sok mikir
"Gini aja, kalian ngumpul bareng kelompoknya yang udah ditentuin itu, terus kalian diskusiin barang bawaan nya yaa. Abis itu kalian tunggu aja sampe ada bel, baru boleh pulang. Ngerti?"
"Iya" Perasaan murid 7d ini ga ada kata laen ya? iya iya mulu
"Oke deh, sok sana diskusi. Ditinggal ya, inget, jangan keluar-keluar" peringat ka Sinta

Anak-anak pertamanya diem. Kayanya sih lemes yah, ngantuk gitu tuh. Kebiasaan anak-anak sekolahan laah.. baru 5 menit belajar aja udah ngorok. Kelas nya adem lagi, banyak pohon, jadinya kan makin ngantuk.

Kemudian ada seorang anak, kayanya temennya Deyey, manggil rombongan kelompok acakacak dan mereka pada lesehan di lantai ngerundingin bawaan. Kelompok bikerss pun ikutan ngumpul sambil duduk di meja dan kursi, sebagian dari mereka duduk tukang becak di kursi, ada juga yang duduk presiden di atas meja, ada juga yang tiduran layaknya lagi liburan di pantai.

Mystery Team ga keliatan diskusinya, mereka malah ngobrolin hal hal ga penting. Kaya soal penculikan di daerah apa gitu, terus ada tabrakan, dan lain-lain. Duh, emang misterius itu kelompok. Kalo kelompok ku sih kayanya udah sebagian ngumpul, tapi mereka ga meduliin saya yang duduk diem di kursi, ga bersemangat. Mereka cuek aja, diskusi sendiri tanpa saya. Karena merasa jadi anak yang ga penting, maka saya semakin diem duduk di kursi, nyaris tidur. Tapi ada angin apa saya jadi bangun. Ternyata suara cempreng Yega yang bikin acara istirahatku ancur lebur.

"Runi!!!!"
"Eh eh? Em... Iyaah?" jawab ku masih lulungu (baru bangun tidur gitu)
"Sini lu, cepetan. Molor bae molor." kata Yega

Ga peduli apa arti kalimat yang diucapkan Yega padaku, aku langsung beranjak dari meja ku dan menuju perkumpulan kelompok ku di pojokan papan tulis.

"Loh? Tidur kamu?" kata Aca kaya baru liat uler beranak sapi
"Hmm? Nggak ko ca, cuma ngantuk aja, boseen" kata ku agak mengabaikan Aca
"Ooh.. Kaya orang baru bangun tidur banget tau Ran"
"Hem? heheh.." ketawa garing aku

"Woi.. jadi gimana nih? siapa mau bawa apa?" tanya Galih udah greget kaya lagu Sherina
"Gua bawa gunting sama tali" lagi lagi si Yega ngagetin saya
"Wiih! Ga mau.. Gampang amat kamu! yang gampang, bawanya 3" kata Sela
"Oke deh, sama kain juga" kata Yega
"Terus apa lagi?" kata Galih
"Saya bawa tiker sama tongkat" kata Aca berisik banget ih
"Sip, kamu Ni?" kata Galih ke Oni
"Sisa nya aja deh"
"Kalo gitu bawa sapu lidi sama payung aja ya" kata Galih
"Okelah.." Oni setuju aja..
"Gua bawa.. Mmm... Paku, Palu, sama senter" Galih nyomot barang bawaannya
"Saya lap sama bola tennis" si Deni milih
"Sayaah.. bawaaa... Cutter! Mmm... Buku gambar sama pensil pengapus" Sela heboh
"Sip deh.. Eh, Ran! Jangan tidur aja!"

Pada saat itu aku lagi mimpi :
Aku : Cepat pulaang... Cepat kembali jangan pergi lagi... Firasatku ingin kau tuk cepat pulaang.. Cepat kembali janga pergi lagi.. (nyanyi lagu Firasat-Marcell)
*sensor* : Ran! Aku ga akan pergi lagi dari mu..
Aku : Yeey! Ayo jalan jalan bareng..
*sensor* : Ran! Tapi aku ga bisa!
Aku : Loh? Kenapa?
*sensor* : Soalnya Ran, aku mau tanya, kamu mau bawa apa buat besok?
Aku : Loh? Besok? Mau ada apaan besok?
*sensor* : Ran! Bangun Ran! Kamu ga boleh mimpi teruus!

Dan oke, itulah mimpi buruk, yang padahal seharusnya itu jadi mimpi indah kalo temen temen ku itu ga ganggu tidur nyenyak ku. Weeeuuh! Mimpi ku hancur berantakaan..
Sip deh, kita lanjutkan di kenyataan :

"Wooi.. Hellow? Raan? Ada orang dirumah?"
"Em.. Eh? Iya iya. Udah bangun niiih.. " kata ku bete gara gara mimpiku hancur
"Nih, lu bawa ini yah, sterofoam yang gede sama kertas minyak yang banyak, sip?"
"Iyaah.. sip sip!" Aku rada ngebentak
"Yaelah Raan! tidur melulu kamu" kata Sela
"Kan ngantuk Sel, ermm.. padahal lagi mimpi bagus, sebel"
"Yaah.. tidur di rumah Ran, bukan di sekolaah" kata Aca ikut ikutan

Aku hanya diem, bete. Kemudian kita semua diem, nikmatin angin nyasar yang masuk ke kelas lewat jendela. Adeem.. Hati ku pun jadi adem lagi.. Karena ngerasa sepi banget, jadi saya mulai angkat suara..

"Mmm.. Kira kira besok ngapain ya?" kata ku
"Ga tau"
"Mmm... Penasaran tau.." kata ku lagi
"He'em.."
"Mmm.. Ngomongin apa gitu yuu.." kata ku ga mau nyerah
"Apaan?"
"Mmm.. Ya.. Apa gitu?" kata ku bingung juga
"Hm.."
"Mmm.. Lemes amat kalian? Semangat doong!" kata ku udah kesel
"Iyah.."

G.A.R.I.N.G

Adeeeuh... Ini temen temen ku pada lemes amat yah.. Karna ngerasa ga ada guna nya saya ngebujuk temen temen ngobrol. Saya pun ikutan diem kaya mereka. Bahkan Yega sekalipun, dia yang biasanya semanget, sekarang lemes kaya abis donor darah. Waduh.. Males juga sih.. Mau tidur lagi, tapi udah jadi ga ngantuk lagi nih.. Udahlah, jadi ku putuskan, aku kembali duduk di bangku ku. Berdiam diri. Bersemedi. Bertapa. Atau sejenisnya. Yang pasti aku bingung mau ngapain, ato bahasa gayanya sih "galau".

Selang beberapa menit kemudian, bel bunyi. Aku ngerasa itu bel bunyi nya cepet banget, barusan masuk, udah pulang lagi. Tapi baguslah.


selesai juga yang ini
dikit banget, pasti
ga ada cerita yang seru, pasti
maaf yah.. moga moga nanti
ceritanya membaik
pokonya jangan nyerah, jangan
diputusin asa nya, nantiin aja terus
"Menu Blog" nya, oke?