Sabtu, 06 November 2010

E-Novel (electronic novel) part 13

Komentar para kaka kaka nya lucu lucu. Ada yang bilang, 'wih, Riko paling aneh nih yee' ato gak ' yess.. aku paling baik/lucu' dan lain-lain, ekspresinya lucu lucu aja pokonnya, kalo dapet yang jelek langsung marah kesedih-sedihan gitu, kalo dapet yang bagus, langsung nyombongin diri deh.

"Ka!" tiba-tiba aja seorang anak mengangkat tangannya
"Iya, kenapa?"
"Sekarang kita ngapain lagi ka?"
"Emm.. ngapain yah?" kata ka Putri
saat itu pun kaka kaka kita ngobrol, diskusi, sekaligus berpikir, dan ga lama..

TENG TONG TENG

"waah.. kebetulan banget nih" kata ka Riko
"Hehe.. oke deh semuanya, sekarang kalian boleh pulang!" kata ka Yasmin
"YEEE!" anak-anak pada riuh

Dan setelah itu pun, kaka kaka nya langsung pada pergi ninggalin kelas, dan menghilang dari pandangan. murid-murid lain juga udah pada masukin barang bawaan nya ke tas, dan udah ada beberapa yang pulang juga. sementara aku masih repot membereskan pensil yang tadi aku lempar-lemparkan, meskipun emang ga tinggi-tinggi banget ngelemparnya. Yaah.. Dimain-mainin gitu deh.

"Ran, mau pulang bareng lagi ga? Atau kamu djemput kaka kamu?" kata Sela
"Eeuh... pulang bareng kamu aja deh. boleh ga?" kata ku
"Ya boleh laah.. lagian enakan pulang barengan"
"Oh, iya.. makasih ya Sel" kata ku
"Ga usah pake makasih kali" kata Sela

datanglah Yega

"Hei, kalian pulang nya bareng kan?" Yega ngomong
"Iya" kata Sela
"Mmm.. arah ke mana?" kata Yega
"arah royal" kata Sela
"oh, lewat cipare?"
"Iya dong"
"ikut dong, gue mau ke rumah sodara gue" Yega pun mulai berbahasa 'gue'
"Oh, rumah sodara lo di cipare? yaudah, yok lah" kata Sela mewakili ku dengan seribu bahasa nya, dia pun ikut-ikutan ngejawab pake 'lo' gara-gara Yega ngomong 'gue'

"Pada pulang bareng yaa? enak banget sih!" tiba-tiba, Deni, Oni, Galih, dan Aca nyerocos ngomong
"Soalnya gue mau balikin buku sodara gue dulu, dia nya marah-marah sih!" Yega ngasih alesan
"Enak yah, yang rumahnya deketaan" kata Oni
"Iya tuuh, yang deketan. Pas bel, langsung pulang bareng" kata Galih
"Eh iya, rumah lo kan searah sama kita juga Lih. di cipare juga kan? sama kaya Yega?" kata Sela mulai inget
"Oh, iya yah. kan tadi pagi bilang mau pulang bareng" kata ku juga
"Hemm.. baru pada inget" kata Galih nyindir
"Yah, maap deh Lih. kan udah minta maap Lih.." kata Sela
"Hahah.. Ya ga apa-apa lah!" kata Galih sambil ketawa, jadi ngomongnya ga jelas
"Aah! Pada asik loh, rumahnya deketan!" kata Oni ngambek banget
"Gue juga jauh Ni" kata Yega
"Emang dimana?" kata Oni bernada 'nantangin'
"cinanggung" jawab Yega
"gue di ciracas!" balas Oni bete, tapi sebenernya dia seneng-seneng aja bisa ngobrol bareng
"Yaa udah lah.. jangan berantem" kata Sela
"Gue yang di cilegon aja ga komen" kata Aca
"Salah lu dong, kenapa sekolahnya jauh-jauh ke serang?" kata Yega
"suka-suka!" kata Aca mulai heboh

Dan, saya yang sedari tadi diam. Sangat takut kalo kalo pada berantem beneran. Lalu aku berbisik pada Sela
"Stt, sel. mereka ga bakalan berantem?"
"Ya nggak lah Ran. becanda doang paling geh"
"Tapi kaya berantem beneran sel"
"Kan kaya gitu udah biasa Ran"

Aku berpikir, oh berarti di serang mainan nya main mulut. ku perhatikan si Deni juga rada-rada bingung. Karena pusing denger mereka debat nasional, maka aku buka mulut

"Eh, udah dong. nanti sampe malem nggak selse selse ini mah" kata ku agak membentak, tapi agak halus juga :D
"Iya yah. Kenapa debat yah?" kata Yega
"Kan biar seruu! Hehe" kata Oni asal
"Oke deh. Sekarang kita pulang aja" kata Galih
"Hem, gue pulang sama Galih, Sela, sama Ran? Bener ga?" kata Yega
"Iyah!" Jawab ku cepat
"Gue dewekan!(Gue sendirian!) Heuh. Ga apa-apa deh" kata Oni
"Yang sabar lah Ni. Gue juga sendiri" kata Deni mulai santai lagi
"Ya sudah. Okelah, kita berangkat!" kata Yega semangat, sambil loncat-loncat
"Eh, biasa dong Yeg!" kata Aca
"Hehe.. Semangat banget sih gue nya Ca" kata Yega sambil ngekek

Kami pun ikutan ketawa-ketawa.. Seneeeng banget.. Sampe ahirnya kami tiba di gerbang sekolah

"Duluan ya semua!" kata Aca yang sudah dijemput ibunya. Ya, rumahnya emang jauh, jadi dijemput
"Iya!" kami jawab
"Duluan juga ya!" kata Oni
"Iya!" kami jawab lagi

Oni pun nyebrang, dan segera naik angkot jurusan rumahnya. Kini, tinggal ada aku, Sela, Galih, Yega , dan Deni

"Siapa dulu nih?" kata Sela
"Apanya?" kata ku (bodoh banget)
"Ya angkotnya lah!" kata Yega sok tau banget, meski jawaban nya emang bener
"Yang ada duluan aja" kata Galih. Bijak banget ya?

Tiba-tiba datang sebuah angkot warna biru, dan si mamang angkot ngomong
"Rau dek?"
dan karena kalimat itu, si Deni naik angkot dan pergi ninggalin kita, sedih :'(

"Berarti sekarang ke royal yah?" kata Sela
"cipare nya?" kata Galih
"Ya kelewatlah nanti juga" kata Sela

Bertepatan saat itu, datang lagi angkot kosong, dan..
"Royal?" kata Yega
"Yok lah" kata mamang nya

Nah, ketemu juga angkotnya. Kami pun naik angkot bersama-sama. cuma si Yega mau duduk di depan, samping sopir nya. Padahal udah dipaksa di belakang, dia nya aja yang ga mau. Jadilah aku, Sela, Galih di belakang, dan Yega didepan bersama pak sopir. Setelah duduk, sopir ketawa

"Hahah.. Pada sibuk ngurusin duduk" kata sopir
"Iya tuh bang, mereka nya maksa geh" kata Yega rada-rada bernada bete
"Iih! Lu gimana sih Yeg? Kan kita pengen bisa ngobrol" kata Galih
"Gini kan juga bisa" kata Yega
"Tapikan ga liat muka elu.." kata Sela
"Yah, emang repot jadi cowo ganteng. Ya gak bang?"
"Huahahah!" si sopir ketawa ngakak abiis
"Eh bang! Awas nabrak bang" kata Galih rada panik
"Hemm.. Ya laki mah ganteng atuh dek" kata sopir, sempat memandang Yega sebentar, kemudian sopir melirik ke kaca spion yang ada di tengah itu looh.. dan bilang..
"Wei, yang cowo belakang. Tenang aja dek, ga nabrak. paling geh teguling. Wahahahah" si sopir ketawa lagi
"Haha.. Iya deh bang, ane percaya sama abang!" kata Galih mulai bersahabat dengan si sopir
"Heheh" terdengar suara ketawanya si Yega, lumayan kenceng
"Waah.. pada ngelawak" kata Sela, kayanya dia pengen nge-ramein suasana
"Hidup tanpa lawakan itu akan terasa hampa neng" kata sopir
"Wih, si abang bahasanya mantaaplah" kata Yega mulai asik lagi
"Mamang kan juga pernah belajar dek"
"Hehe.. iya bang, iya" kata Yega
"Hahahha... eh, kiri bang! kiri!" tiba-tiba, Galih nyetop angkot, padahal dia lagi ketawa puaaas banget
"Eh, iya iya.. cepet banget dek, sampe lupa turun nih ya?" kata sopir

Galih pun turun dan membayar, tapi ngobrol dulu..
"Haha.. iya bang, abisan abang ngelawaknya keren sih"
"Hahah.. abang bukan cuma sopir angkot, pelawak juga. mirip si Sule ya?"
"Hahahha.. abang lebih ngocak bang!"
"Eh Lih, udah dong. Gue juga mau pulang nih" kata Sela
"Oh iya. Hhaha.. oke deh. sampe besok"

aku, Sela, dan Yega melambaikan tangan pada Galih. sopir angkotnya juga ikut-ikutan dadah. Hehe..

"Waah.. Ini yang lain turun mana? nanti lupa, heheheh" kata sopir
"Hahah.. bentar lagi bang, ga lupa kalo saya bang" kata Yega
"Heheh.. kalo kita di royal bang" kata ku
"Oh, masih disana dong. Kalo gitu mah santai ya neng ya?" kata sopir
"Iya bang, ehheh.. masih bisa ngelawak yang lama nih bang" kata Sela
"Nah, bang.. kiri depan" kata Yega
"Wah, udah nyampe ya dek. Ga ngelawak lagi dong" kata sopir
"Hahah.. masa saya ngikut sampe ke rumah abang" kata Yega
"Yodahlah" kata sopir sambil menepikan angkot
"Nih bang. Eh, duluan ya Sel!"
"Gue nya kaga Yeg?" kata ku
"Eh, heheh.. duluan yah Sela sama Ran.." kata Yega sambil tertawa iseng
"Gitu dong! Dadah Yega!" kata ku kenceng
"Dah!" kata Sela

Yega hanya melambai dan berjalan memasuki sebuah rumah bercat abu muda. Dia pun hilang dari pandangan kami

"Ngebut ya neng"
"Eh, yaudah deh bang. Tapi jangan sampe nabrak ya bang! Awas lo bang" Ancam Sela
"Haha.. Insyaallah mah ga nabrak neng, berdo'a aja atuh" kata sopir
Aku membaca bismillah.. dan tiba-tiba angkotnya ngebuut banget. Sampe diklaksonin banyak motor dan mobil, tapi si mamang ga komen.

"Bang! Slow bang! Santai" kata ku panik ga karuan
"Kan yang penting kaga nabrak neng" kata sopir
"Bang! di belakang kaga ada monster mangga berjenggot dan bertanduk 5 bang!" kata Sela ngarang
"Wahahahhah" si sopir ketawa mendadak dan memelambatkan laju angkot
"Weleeh.. Tadi kerasukan apa sih baang?" kata Sela
"Hhaha.. mamang nya keabisan lawakan.. Bwakak" kata si sopir
"Lah, terus apa hubunganya bang?" kata ku
"Kan biar bisa ketawa tanpa lawakan neeng.. Heheh" si sopir mulai normal lagi
"Jaah.. si mamang ga usah segitunya kalee" kata Sela nyerocos
"Hahah... udah santai sekarang mah neng" kata mamang
"Sel, udah mau nyampe tuh" kata ku pas sadar udah deket rumah
"Oh iya yah. Bang, kiri depan!" kata Sela
"Okee neng" kata sopir angkot sambil minggirin angkot

kami pun turun dan membayar ongkos angkotnya. Dan tanpa basa-basi, si angkot melesat layaknya roket, pergi ninggalin kita.

"Nah, Ran. Besok bareng lagi yah" kata Sela
"Iya Sel, insyaallah ya" kata ku
"Dadah!"
"Dah!"

kami pun ber-dadah-dadah-an, dan pulang kerumah masing masing.

Di rumah, ka Fana ternyata lagi tidur, tidurnya di atas meja di kamarnya. Kayanya sih abis ngerjain tugas, ato nggak apa gitulah. Jadi, ga ku bangunin. Karena kasian, takutnya ka Fana lagi cape beraat. Jadilah aku termenung di depan meja makan. Meski udah ada nasi telor dadar yang kayanya udah disiapin ka Fana dari tadi, tapi napsu makannya ga ada. Padahal tadi seneng banget, bisa ngobrol bareng, main bareng, dan sampe ketawa ngakak bareng sama Yega, Galih, Sela. Dari saat itu, aku udah berharap banyak, supaya kehidupan ku di Serang akan sangat baik.

Baiklah kawan-kawan ku tercinta
part ini sudah selesai
Maaf kalo ada banyak salah
bingung sih
tapi yang penting
jangan menyerah, jangan putus asa
nantikan terus kelanjutannya di "Menu Blog"

Senin, 27 September 2010

E-Novel (electronic novel) part 12

Ahirnya, setelah kurang lebih 23 menit, kami sampai di sekolah tercinta. Aku dan Sela memasuki kelas 7d dan melihat ada Aca, Galih, Deni yang mengobrol, dan ada juga anak-anak yang lainnya yang sibuk sendiri. Kuletakan tas ku di sebelah Deni, dan Deni di sebelah Galih, Aca di belakang Deni, dan Sela di belakang ku. Kurasa, nanti Oni duduk di sebelah ku.

"Ran, Sel, berangkat bareng?" kata Aca
"Yo'i dong." kata ku
"Wiih, seru ya. Yang rumahnya deketan. Iya sih tuuh" kata Galih
"Hehe, kalo mau berangkat bareng, bilang aja kali Lih. Kan kita juga masih searah" kata Sela
"He.. Boleh kaga? Kalo boleh, hari ini pulang bareng yok" kata Galih
"Ayok ayok aja saya mah, gimana Ran?" kata Sela
"Eh, ya okelah kalo begitu" kata ku

Dan kami mulai mengobrolkan obrolan-obrolan lain mengenai sekolah baru kami ini, temen-temen yang belum akrab, guru-guru, dan yang bersangkutan dengan sekolah ini. Kurang lebih 7 menit setelah aku datang, Oni pun sampai di sekolah. Kami pun menyambut kedatangan penuh keceriaan, dan setelah 3 menit Yega dateng deeh.
Karena cuma bisa ngobrol, kami pun ngobrol, ber tujuh kami ngobrol dan ga kerasa udah bel ajalah.

TENG TONG TENG

"Yaah, udah bel. Ga bisa ngobrol lagi deh" kata Aca
"Ga apa-apalah, nanti juga kan bisa ngobrol" kata Galih

Ga lama setelah bel bunyi, sang kaka kaka baik hati pun datang (em..)

"Hola amigos!" kata ka Riko
"Ape sih lu Ko?" kata ka Sinta
"Oke semuanya. Sekarang kan udah sekarang. Eh, maksudnya, udah itu ajalah ya. Pada ngerti kan maksudnya?" kata ka Putri
Sunyi
"Jadi pokonya.. Gitu ajalah. Gimana yah? Bingung jelasin nya" kata ka Putri
"LUPAKAN" kata ka Yasmin
"Nah, bener tuh, dengerin aja kata ka Yasmin, lupakan! hehehe" kata ka Putri

Meskipun emang kaka kaka nya itu geje, tapi kalo menurut saya, kaka kaka nya tetep aja sebenernya baik banget, dan seru seru. Geje geje gitu juga seru tauu..

"Nah, semua nya. Kita mau ngapain yah?" kata ka Riko
"Main lagi mau ga?"
"Boleh sih, tapi nanti jam 9 udah mulai nyiapin yang buat nginep itu tuh" kata ka Yasmin
"Iya yah. Kalo gitu polling nya kapan?" kata ka Sinta, sambil memelankan suaranya
"Hari ini aja kali ya. Biar besoknya udah tenang gitu" jawab ka Yasmin dengan suara pelan juga

"Okelah semuanya, kita mau main permainan bikinan ka Putri aja ya" kata ka Putri
"Eh, main apaan?" kata ka Riko
"Permainan ciptaan saya dong. Jadi, cara mainnya gini. Kaka sebut satu kata, terus kalian ngikutin ucapan kaka, kalo udah kaka sebut kata lagi, terus kalian ngulangin lagi, sampai banyak, tapi di terahirnya, kaka bakalan nanya, contoh 'kata ke2' terus kalian bilang kata ke2 yang kalian ucapin tadi. Ngerti ga?"
Seperti biasa, Sunyi

Sebentar suasana sunyi banget, semua bengong ngeliat ka Putri. Tiba-tiba..
"Oh, iya! Gua ngerti! Gua ngerti! jadinya ngulangin-ngulangin kata, terusnya ditanya kata yang keberapa gitu kan?" kata ka Riko
"Oh, gitu.. Iya, saya juga ngerti" kata ka Yasmin
"Oh, oh, oh. Iya, sama, gue ngerti!"
"Nah, iya iya. Bener. Yess, pada ngerti" kata ka Putri
"Sekarang kalian pada ngerti ga?" kata ka Riko pada murid-murid 7d
Sunyi lagi deeh (Abisan bingung mau ngomong apa)

"Kita contohin ya" kata ka Riko
"Saya yang ngomong ya Ko" kata ka Yasmin
"Okeh, silahkan dimulai Melati.."
"Ayam" kata ka Yasmin
"Ayam" kata kaka lainnya
"Meja"
"Meja"
"Sapi"
"Sapi"
"Kata pertama!" kata ka Yasmin
"Ayam!" kata kaka lainnya
"Yeeee! Nah, sekarang udah pada ngerti belom?" kata kaka kaka yang heboh itu
"Udah, udah!" jawab beberapa anak

Tapi masih ada beberapa anak lagi yang masih bengong, kayanya sih ga ngerti. Salah satunya Deni.
"Ngerti ga Den?" kata ku
"Eh, yaah, di ngerti-ngerti-in aja deh" kata Deni

"Kaya nya masih ada yang belom ngerti deh, mau dicontohin sekali lagi ga?"
"Maooo" kata murid yang masih bingung

"Gini nih, ka Riko yang ngomong ya" kata ka Riko
"Sok lah" kata yang lainnya
"Curut" kata ka Riko
"Curut" kata kaka lainnya
"Weddush" ka Riko
"Weddush" ka lain
"Cecak" Riko
"Cecak" Lain
"Soto" Riko
"Soto" Lainnya
"Kata kedua" kata ka Riko
"Ehm.. Apa ya. Euh! Itu, Weddush!" kata ka Sinta dan disusul oleh ka Putri dan ka Yasmin
"Oooh.."

Bersahutan terdengar suara 'Ooh' dari segala penjuru kelas. Dan kaka kaka itu pun sudah mulai yakin bahwa seluruh murid asuhan nya ini sudah mengerti permainan ciptaan ka Putri ini.

"Naah, udah pada ngerti kaan? Mau main kaan?" kata ka Putri
"Mauuuuuuuuu" Sorak sorai anak-anak keras sekali
"Woy, woi, WOOOOIII! Dieem!"

Sunyi (Lagi)

"Nah, udah tenang kan. Nanti jawab nya ditunjuk yaa. jadi ga semua nya jawab barengan" kata ka Putri
"Oke deh" kata sebagian anak murid 7d
"Hem, mulai yaa. Yoyo" kata ka Putri
"Yoyo"
"Teh"
"Teh"
"Semen"
"Semen"
"Tongkat"
"Tongkat"
"Bulu"
"Bulu" kata anak-anak
"Kata ke-empat!" kata ka Putri

Sejenak anak-anak tampak berhitung, sunyi seeekali.. Setelah sedikitnya kurang lebih 23 detik, anak-anak mulai tersenyum, menandakan tau jawabannya.

"Nah, kamu boleh dong. Ayo apa jawabannya?" kata ka Putri
Wew, pilihan pertama ka Putri ternyata anak yang kurang beruntung, dan namanya adalah Yega!

"Ehm. Saya ka?" kata Yega ragu
"Iya dong. Boleh minta jawabannya?"
"Emm.. Eeh.. Jawabannya itu.. Tongkat?" Jawab Yega dengan sangat ga yakin
"Hem? Tongkat? Yakin lo?" kata ka Putri dengan nada yang kurang meyakinkan
"Iya ka, iya."
"Waah, kamu adalah orang yang akan menangis"
Deg, sunyi senyap. Hati Yega dapat diperkirakan ada dalam kondisi yang sangat kritis.
"Karena, kamu berhasil menjawab dengan benar!! Yeee!"

Dan apa kalian tau kelanjutannya? Kata-kata ka Putri emang gak bohong. Yega nangis! Pada saat itu juga. Dia guling-gulingan di lantai, ngegelinding maju mundur, ber air mata, sujud syukur berkali-kali, dan matanya sampe merah gara-gara nangis nya puaas banget.

"Eh, eh, eh. jangan nangis beneran dong" kata ka Putri panik
"Eh, Put. Gara-gara lo nih" kata ka Sinta
"Ih, maap dong. Kan tadi cuma becanda"
"Makasih kaaa.. makasiiih, huaaahaaaa" kata Yega pada ka Putri sambil terus menangis
"Iya, iya. Makanya udah dong nangis nya. Kan tadi cuma permainan"
"Ehk, ek, iya ka..a.. makasih ya.." Yega pun mulai tersenyum dan duduk kembali di kursinya

Setelah Yega ditenangkan oleh Galih, Kaka kaka itu tampak merundingkan sesuatu. Dan, meskipun niat mereka mau bisik-bisik-an, tapi tetep aja suara nya kedengeran meski ga teralu jelas. Garis besar nya gini aja

"Eh, tuh anak beneran cowo bukan sih?" kata ka Putri
"Iya, gue kira, reaksinya ga kaya gitu" kata ka Riko
"Yaah, mungkin dia emang cowo sensitif, hihi" kata ka Yasmin
"Yah, mahluk apapun dia, dia tetep anak didik kita, pokonya sekarang kita lanjutin aja mainnya"
"Tapi saya ga yakin sekarang" kata ka Yasmin
"Gara-gara kamu takut ada yang histeris lagi?" kata ka Sinta
"He'em. Bener banget."
"Kan dia satu-satu nya cowo cengeng. Yang lainnya nggak kali" kata ka Sinta
"Tapi kayanya langsung polling aja deh. Perasaan gue juga jadi ga enak" kata ka Riko
"Yaa, kalo emang gitu, yasudah" kata ka Sinta

Parah yah? Sampe segitunya ngomongin ade kelas. Padahal kan kasian si Yega. Tapi emang terlalu lebay juga sih si Yega nya. Tapi tetep aja kasian. Yaah, pokonya salah Yega dan salah kaka nya juga.

"Karena sekarang udah mendekati jam 9, maka kita langsung ambil polling aja ya."
"Polling apa ka?" tanya salah seorang murid
"Kalian polling siapa kaka yang paling baik, paling bijaksana, paling gokil, lucu, paling aneh, dan paling ga disukai"
"Apa aja tadi ka? Bisa diulangi?"
"Nih, di tulis di papan tulis ya"

Kubaca tulisan di papan tulis :

Kalian tulis di kertas selembar!
Kaka yang paling..
Baik : (contoh:ka Riko)
Bijaksana :
Gokil :
Lucu :
Aneh :
Ga suka :
Tulis masing-masing pilihan satu kaka pembina, go boleh ga diisi, ga boleh dua orang kaka pembina.
Abis itu, dibawahnya tulis :
Kesan :

Pesan :

Dan kumpulkan tanpa tulis nama.

Abis itu, langsung semua murid nyatet tulisan di papan tulis itu, dan mulai mengisi nama kaka kakanya. Kalo menurut ku sih yang paling baik ka Sinta, bijaksana ka Yasmin, gokil ka Riko, lucu ka Putri, aneh ka Putri, ga suka sih sebenernya ga ada, tapi karena wajib, tulis ka Riko aja deh. (Maap maap banget ya ka).

Setelah kurang lebih 20 menit, kami, semua murid 7d sudah diwajibkan mengumpulkan kertas kesan dan pesan kami itu. Dan kami megumpulkannya.

Komentar para kaka kaka nya lucu lucu. Ada yang bilang, 'wih, Riko paling aneh nih yee' ato gak ' yess.. aku paling baik/lucu' dan lain-lain, ekspresinya lucu lucu aja pokonnya, kalo dapet yang jelek langsung marah kesedih-sedihan gitu, kalo dapet yang bagus, langsung nyombongin diri deh.



Nah, part 12 nya udah habis
Semoga pada seneng ya..
Maaf jelek banget ceritanya :p
Maaf ga ketemu-ketemu inti permasalahannya
maaf banget kebanyakan ngoceh
maaf juga soalnya part nya sedikit sedikit
Intinya Mohon Maaf Lahir Batin ajalah
Makannya jangan menyerah, jangan
putus asa, nantikan terus kelanjutannya
di "Menu Blog"

Sabtu, 25 September 2010

E-Novel (electronic novel) part 11

Tapi pokonya itulah, kita beda-beda, dan itu yang buat kita jadi lengkap, saling mengingatkan satu sama lain. Ada yang ga tau, dikasih tau sama yang tau. Punya hobi yang beda-beda jadi bisa saling menceritakan keuntungan dan kerugian dari hobi masing-masing, dan itu lebih seru dari pada ngobrolin satu hal yang udah sering banget kita denger, kita obrolin, dan kita diskusiin, meskipun awalnya itu seru banget, tapi lama-lama bosen juga lah, karena ga ada sesuatu yang baru. Bersyukurlah kamu yang punya temen-temen yang baik sama kamu.

TENG TONG TENG

"Yess, udah bel"
"Horeee"
Suara anak-anak ribut banget saat bel berbunyi


"Nah, karena sekarang udah bel, jadi kalian semua boleh pulang"
kata ka Yasmin
"Yoo, pulang yok pulang" kata ka Riko

Dan benar, akhirnya semua anak berhamburan keluar kelas, layaknya air yang keluar dari gelas yang bocor.

"Ran, rumah kamu dimana?"
"Em, kenapa gitu?"
"Nanya aja, mau pulang bareng?"
"Oh, nggak. Saya di jemput kaka"
"Oh, yaudah. Tapi rumah kamu dimana?"
"Di jalan mekar nomor 12"
(ini alamatnya asal. gatau beneran ada atau nggak)
"Oh, di daerah sana ya?" katanya sambil menunjuk arah jalan
"Iya" kataku tanpa pikir panjang
"Beda arah deh, kalo gitu, saya duluan ya. Sampai ketemu besok"
"Iya, selamat sampai di rumah ya"

Oni dan aku ber-dadah-dadah-an sampai ahirnya Oni pergi meninggalkan ku. Aku duduk di sebuah benda yang tidak ku tau nama benar nya, yang terletak di dekat gerbang sekolah. Tapi aku yakin kalian yang baca cerita ini tau benda itu. Seperti kursi, tapi bukan kursi, bisa dipakai duduk, terbuat dari semen dan batu bata, dan sejenis nya. Dan tingginya sekitar tinggi kursi. Lebih dapat dibilang 'kursi semen', tapi itu bahasaku, aku tidak tau bahasa Indonesia yang baik dan benar nya. Setelah kurang lebih 1 menit, datanglah Aca dan Sela.
"Ran, belum pulang? Nunggu dijemput ya?" kata Sela
"Iya" kataku
"Nunggu bareng Aca aja. Aca juga belum dijemput, sekarang saya pulang duluan ya? Dadah" kata Sela
"Dadah" kataku dan Aca tidak berbarengan


Ahirnya aku disini duduk di 'kursi semen' dengan Aca yang sama-sama belum dijemput, seperti ku.
"Ran, rumahnya dimana?"
"Jalan mekar nomor 12"
"Oh, deket sama rumah Sela dong? Kenapa ga pulang bareng Sela aja tadi?"
"Eh? Emang Sela rumahnya dimana?"
"Katanya sih di jalan mekar juga kaya kamu, kalo ga salah, dia di jalan mekar nomor 9 deh"
"Oh, saya ga tau kalo rumah Sela di jalan mekar juga. Soalnya kan saya baru pindah dari Bogor, masih gatau tempat-tempat. Daerah sekitar rumah aja, saya belom tau."
"Oh, gitu ya? Nanti kamu coba aja cari rumah yang nomor 9. Terus tanya, itu rumah Sela atau bukan. Kalo iya, dan Sela nya juga ada. Kan enak, rumahnya deket"

"Iya juga ya. Yaudah deh, insyaallah nanti saya mampir ke rumahnya"

Abis itu, gak lama, hampir sekitar 2 menit 24 detik kemudian, Aca dijemput. Dan Aca melambaikan tangannya padaku, dan menyuruhku untuk bersabar dan jangan sedih karena tinggal sendirian. Jadi, ku ikuti aja deh, saran darinya.


Sudah lamaa, sekali aku menunggu, ka Fana belum dateng juga. Sekitar 25 menit menunggu sendirian di sekolah adalah hal yang tidak menyenangkan.
Lama-lama aku jadi bosan, ka Fana kok nggak datang-datang. Lama-lama aku jadi bosan, kenapa belum datang? Tiba saatnya di menit ke 37 dan detik ke 16 aku menunggu, ahirnya ka Fana datang juga.
"Ihh, ko lama banget sih?"
"Loh? Emangnya udah berapa jam kamu nungguin?"
"Setengah jam"
"Baru setengah jam aja udah kaya gitu, gimana sih kamu."
"Kan lama"
"Udahlah, kalo gitu maap deh, abis ka Fana nya tadi ada tambahan di sekolah"

"Oke deh"

Sampai juga di rumah, ahirnya pada jam setengah satu, aku sudah bisa merasakan empuknya bantal dan nyamannya tidur di kasur ku yang enaak banget buat ditidur-in. Karena ga ada kerjaan, nge-cek hape dulu deh. Ku lihat ada dua sms, pertama dari Yuni sahabat ku:

Ran, udh lma nih g ktmu. km gmn kbarnya? baik psti, soalnya km kan orng nya kuat ran. Ran, ini nmr sya yg bru, d smpen y. yg lmanya rsak. Hp syanya kcbur k kolm ikn yg d blkng rmh sy itu tuh ran. Rsak deh krtunya. Tpi hpnya baik2 aja. anh ya? Hihi :D
-Funi Funny-

Ternyata si Yuni ganti nomor hp. Oke deh, lanjut ke sms kedua, dari sang pengirim misterius :

Hey, runi. Em, kmu bru plng sklah? Sru g sklh nya?
Cma nnya itu doang ko. G mcem2.
Thnks y run. met sklah :)))

Apa aja deh. Ga peduli sama sms kedua. Yang penting sms pertama. Segera ku simpan nomor Yuni yang baru. Dan setelah itu, tiba-tiba aku teringat dengan Sela, aku bilang pada Aca akan ke rumah Sela. Kulihat jam, sekarang jam setengah tiga. Yaudah deh, aku langsung berangkat. Pamit dulu ke ka Fana, dan kayanya ka Fana bersikap 'peduli amat' sama aku. Karena dia ga ngerespon yang bagus-bagus, cuma bilang "Yaudah, sana". Euh, sangat-sangat tidak perhatian.

Keluar rumah, ku lihat sebelah rumahku, nomor 11 makin kesana ku lihat angkanya semakin kecil. Dan ahirnya kutemukan juga rumah nomor 9 yang Aca bilang. Ku ketok rumahnya, dan mengucap salam.

"Assalamu'alaikum" kata ku
"Wa'alaikumsalam" jawab seseorang di dalam rumah, yang ku tau, suaranya ga mirip suara Sela.

Pintu dibuka
"Cari siapa ya de?" kata ibu yang membukakan itu
"Emm, ini rumahnya Sela?"
"Iya, ini temennya Sela ya?"
"Iya"
"Mau ketemu Sela? Sela nya ada ko, dipanggil dulu ya"
Aku mengangguk tanda mengiyakan. Dan ibu itu yang ku duga adalah ibu nya Sela berlalu meninggalkanku, untuk memanggil Sela.

Ga lama, Sela udah muncul dihadapanku.
"Loh? Ran? Ngapain kamu kesini?"
"Hehe, mampir aja. Ngunjungin tetangga kan ga salah"
"Eh? Rumah kamu deket sini?"
"Iya, itu, yang nomor 12"
"Kamu adenya ka Fana?"
"Kamu tau ka Fana?"
"Tau lah, kan suka ketemu kalo ka Fana lagi lari pagi hari minggu."
"Oh, he, iya. Ka Fana kaka saya"
"Berarti kita tetenggaan dong?"
"Iya"
"Ko kamu tau ini rumah saya?"
"Aca yang ngasih tau"
"Oh, pas pulang sekolah tadi ya?"
"Iya"
"Besok mau berangkat bareng ga? Terus pulang bareng juga?"
"Boleh, boleh. Lagian ka Fana juga pasti setuju banget."
"Yee. Sekarang bisa bareng Ran terus deh, jadi ada temen ke sekolah"
"Hehe"

Dan setelah itu, aku dan Sela mengobrol seputar daerah Serang, daerah rumah kita, daerah sekolah, dan jalan untuk ke sana. Dan kami juga merencanakan dan memikirkan berbagai hal yang aneh-aneh. Waktu terasa begitu cepat, ga kerasa udah jam lima.

"Sel, udah sore banget. Aku pulang dulu ya?"
"Oh, iya iya. Lagian kan deket, jadi kalo ada apa-apa gampang. Dadah Ran"
"Dah Sela"

Aku pun merasa lega karena aku ga salah alamat, aku juga lega karena ternyata Sela sangat senang aku menjadi tetangga nya. Nampaknya dia sangat antusias ketika melihat ku. Padahal tadinya, ku pikir dia tidak terlalu menyukai aku.

"Udah Ran? Kemana tadi kamu?"
"Yeeh, ka Fana tadi ga dengerin Ran waktu Ran pamit ya?"
"Abis, ka Fana kan sibuk ngerjain tugas"
"Ke rumah Sela ka"
"Sela? Em, Sela yang rumahnya nomor 9 itu bukan?"
"Iya! Bener banget. Dia itu temen sekelas Ran sekarang"
"Oh, bagus dong, temen kamu deket rumah"
"Iya, tadi Ran diajakin Sela berangkat sama pulang sekolah bareng. Dan Ran yakin ka Fana pasti setuju."
"Wah, setuju banget lah, jadi ka Fana ga usah repot-repot nganterin kamu deh. Asik"
"Makannya, ka Fana seneng, Ran juga seneng deh, Sela juga. Pokonya semua seneng"

Selesai lah percakapan ku dan ka Fana sore itu. Kita percepat saja sampai saat dimana aku berangkat sekolah. Seperti biasa, sebelum aku mau berangkat sekolah, pasti bersiap-siap dulu. Dan setelah siap, aku berpamitan pada ka Fana yang masih setengah tidur setengah bangun. Aku melangah penuh harapan bahagia ke rumah Sela, dan ternyata Sela sudah menungguku. Ahirnya kami berangkat sama-sama.

Di jalan, kami ngobrol-ngobrol
"Ran, hari ini bakalan ada apa ya?"
"Yaa, liat aja nanti"

Ahirnya, setelah kurang lebih 23 menit, kami sampai di sekolah tercinta. Aku dan Sela memasuki kelas 7d dan melihat ada Aca, Galih, Deni yang mengobrol, dan ada juga anak-anak yang lainnya yang sibuk sendiri. Kuletakan tas ku di sebelah Deni, dan Deni di sebelah Galih, Aca di belakang Deni, dan Sela di belakang ku. Kurasa, nanti Oni duduk di sebelah ku.

Okelah kawan-kawan seperjuangan
Ini ahir dari part 11
dan semoga saja ini dapat menghibur hati kawan
semoga cerita-cerita ini
bisa bermanfaat dan menghibur
Maaf bila ada salah kata, kalau berkenan, tolong
di komen. Kasih saran
Makasih untuk semuanya
Jangan menyerah, Jangn putus asa
Nantikan terus kelanjutannya di
"Menu Blog"

Minggu, 12 September 2010

E-Novel (electronic novel) part 10

Inilah dia, awal dimana kami ber-tujuh menemukan nama 'Dygosar' yang sebenernya usul Sela. Tapi usul Galih juga untuk gabungin inisial, pokonya nama ini nama milik kita, kita punya nama 'Dygosar' dan kita sangat bangga. Hehehe.

"Oke, semua kelompok udah dapet nama belom?"
"Udah ka"

"Nah, bagus. Sekarang sebutin nama kelompoknya, sama artinya. Soalnya, setiap nama pasti punya arti dong. Ya nggak?"
"Iya ka"

"Oke, mulai dari kamu"
"The Mystery Team"
"Wuih, keren tuh, apa artinya?"

"Yaa, Tim Misteri ka."
"Maksudnya, kenapa milih nama The Mystery Team itu?"
"Oh, soalnya kita semua suka yang misteri misteri ka, yang kasus kasus gitu ka"

"Nah, sekarang kamu, kelompok yang belakang nya"
"Namanya AcakAcak"
"Wah. Kenapa tuh? Apa kelompoknya acak-acakan?"
"Betul itu ka, kelompok ini mah amburadul, acak-acakan banget ka"
"Haha, yaudah. Ayo sebelahnya"
"Kalo kita nama kelompoknya Bikerss"
"Hemm, gara-gara pada hobi main sepedah?"
"Bukan ka, itu gabungan nama kita ka, tulisannya be i ka e er es es ka, es nya dua. Jadi Baya, Ilo, Karan, Etta, Rady, Soraya, sama Sulfa"
"Welaah, boleh nih." kata ka Sinta
"Lanjut. Yang terahir" kata ka Yasmin
"Emm, nama kelompok kita, Dygosar" kata Galih
"Apa itu? Gabungan nama juga?"
"Iya ka" kata Galih
"Sebutin siapa aja" kata ka Riko
"Em, Deni, Yega, Galih, Oni, Sela, Aca, Runi"
"Oke, bagus juga" kata ka Putri
"Nah, abis ini tentuin sendiri ketuanya dan lain-lain nya, bentar lagi kita pulang, tunggu bel aja sekarang. Sambil diskusi ketua kelompoknya" kata ka Yasmin

Anak-anak pun pada sibuk sekelompok, tapi ada juga anak yang sibuk sendiri. Yah, pada nge-diskusi-in ketua kelompok nya lah, ada yang diskusi tentang kaka kaka nya lah, ada yang cerita-cerita pengalaman liburan kemaren, ada yang tidur saking capek nya kali ya. Pokonya macem-macem ajalah, tapi Dygosar sedang sepakat-sepakatnya memilih Galih sebagai ketua, secara dia KM, dia yang pinter ngomong, yaah, gitu deh. Berorganisasi, cocok jadi OSIS deh.
"Jadi, sekarang udah pasti dan udah di tentuin, ketuanya Galih" kata Yega
"Yaah, mau gimana lagi? satu lawan banyak, ya menang banyak lah"
"Hahaha"

Kami tertawa dan mengobrol, juga sedikit ngelawak. Menurut pendapat ku dari anggota kelompok ku, aku anggap Deni sebagai orang yang membangkitkan semangat, Yega sebagai yang paling banyak tingkah, dan lumayan ngocak, Galih yang cocok banget jadi pemimpin semuanya, Oni yang keliatannya pendiem padahal super ramah dan bahasa yang dipakenya santai tapi sopan, Sela yang bener-bener punya banyak ide hebat, bagus dan memikirkan ide-ide nya itu, cocok jadi detektif yang mikirnya pake logika dan cepet banget nyambung nya, sementara Aca, kuperhatiin deket banget sama Sela, mereka emang udah sahabatan banget kaya nya, tapi tetep bergaul sama yang lain juga, Aca itu lumayan banyak omong, tapi omongan nya selalu singkat padat dan tepat, gak tele tele, ga basa basi, langsung inti nya aja, jadi orang juga nyambung-nyambung aja ngobrol sama Aca, dan terahir aku, Runi yang sebenernya lebih merasa nyaman dipanggil Ran.

"Runi, kita manggil kamu Ran aja ya? Biar rada-rada seru gitu deh"kata Yega
"Oh, boleh ko, boleh. Justru emang lebih enak manggil Ran aja kali" kata ku
"Oke deh, kalo Aca dipanggil Aca atau mau diganti Caca?"
"Aca, kalo Ran kan emang dipanggil Ran dari sana nya, kalo aku Aca"
"Boleh lah, kalo Sela?"
"Cukup Sela, gausah tambah kurang"
"Heheh, lanjut, Oni. Kamu mau dipanggil Oni aja?"
"Iya dong. Nama itu punya ku, dan aku bangga mengakuinya sebagai namaku"
"Hebat, salut Ni. Kalo Galih, panggilnya apa ya?"
"Galih aja ah, jangan macem-macem kamu Yeg"
"Hehe, jangan berubah ganas dong, lanjut ke Deni aja deh"
"Kalo saya udah pasti Deni dong. Deni gitu loh, ya gak?"
"Okelah kalo beg begitu" kata Yega
"Ceilah Ga, kapan sembuhnya kamu nih?" kata Deni

Yah, gini nih, Yega itu aktif banget. Kadang suka asbun, asal bunyi, tapi Deni juga suka gitu. Cuma Yega itu beda banget sama Yega yang aku kira sebelum kenalan, aku kira dia itu pendiem, pinter, rajin, dan bertanggung jawab, eh gatau nya dia super hiperbola. Tapi ga apa-apa, kalo dia pendiem, nantinya ga bakalan seru Dygosar nya.

Tapi pokonya itulah, kita beda-beda, dan itu yang buat kita jadi lengkap, saling mengingatkan satu sama lain. Ada yang ga tau, dikasih tau sama yang tau. Punya hobi yang beda-beda jadi bisa saling menceritakan keuntungan dan kerugian dari hobi masing-masing, dan itu lebih seru dari pada ngobrolin satu hal yang udah sering banget kita denger, kita obrolin, dan kita diskusiin, meskipun awalnya itu seru banget, tapi lama-lama bosen juga lah, karena ga ada sesuatu yang baru. Bersyukurlah kamu yang punya temen-temen yang baik sama kamu.

Oke, beneran, sekarang aku jujur
part ini pendek banget
soalnya di kerjain hanya dalam satu malam, ga nyampe malah
paling 1 jam kurang lebih
jadi tolong maklumi kurang lebihnya ya
Saya juga manusia yang punya
banyak salah. Nggak sempurna
Tapi kalau mau tau kelanjutannya, jangan
menyerah, jangan putus asa, nantikan
terus kelanjutannya di "Menu Blog"

Kamis, 26 Agustus 2010

E-Novel (electronic novel) part 9

Aku sudah mulai merasakan enak dan tidak enaknya tinggal bersama ka Fana, enaknyasih bisa ngobrol-ngobrol bareng dengan santai tanpa perlu pake bahasa baku kaya yang biasanya aku pake buat ngomong sama bapak dan ibu. Ga enak nya itu kalo ka Fana lagi bad mood terus marah-marah ga jelas, karena kalo lagi marah ka Fana itu gampang kesinggung, nanti marahnya makin menjadi jadi deh. Ya, namanya orang lagi marah.

"Ka, sekarang tanggal berapa?"

"Empat"
"Bulan?"
"Ya Juli lah! Mau apa tah Ran? Desember? Boleh ko"
"Oh iya ya. Yah, mana bisa nyambung ke Desember ka."
"He'eh ya? Tau ah. Kaka tidur dulu ya. Cape Ran, kalo kamu mau tidur, tidur aja Ran."
"Ran ga suka tidur siang"
"Kan cape abis jalan-jalan, masa ga cape"
"Runi kan kuat ka. Hehe"
"Yaudahlah, terserah kamu aja"

Ka Fana pun meninggalkan ku yang masih saja bosan di ruang tv. Karena bosan, aku menyalakan tv dan mencari saluran tipi yang seru atau asik lah. Tapi semuanya 'Garing'. Ada sih, film komedi-komedi gitu, ga tau judul nya apa, tapi masyaallah.. Itu garing banget ngelawaknya. Malahan bukan kaya ngelawak, kaya mamang angkot yang suka bilang ' Yoh, rau3x , ciamis3x, dago3x dan seterus nya lah ' . Tau gak kenapa? soalnya setiap pemeran cuma ngucapin satu kata. Si A ngomong ayam doang, si G ngomong ngecengin, si K ngomong Sapi, dan seterusnya. Bosen tau gak sih? Nontonin orang yang ngelawaknya kaya kumur-kumur, suara ga jelas. Heuh

Aku terus merenung di depan tivi yang layarnya item, tanpa suara, dan emang nggak di idupin. Mikirin apa yang seru untuk dikerjain sekarang. Kepikiran jalan-jalan keliling komplek, kaya waktu di Bogor, terus ketemu Caca lagi, terus jalan-jalan ke BTM. Huaah. 'Kenapa aku pindah yah?' sempet kepikiran lagi pertanyaan kaya gitu. Ga tau kenapa yah, di sini beda banget sama di Bogor. Bukan masalah suasana kota nya yang beda banget. Cuma hidup aku nya. Kalo di Bogor, aku jarang bengong-bengong kaya gini, palingan kalo nggak ada kerjaan, aku berantem sama Billa, terusnya main di depan rumah sambil baca buku. Ato nggak main ke rumah Taya, temen di koplek perumahan ku. Kalo enggak jalan keliling komplek, terus balik lagi ke rumah. Itung-itung olah raga kan?

Tapi kalo sekarang? Di rumah cuma ada aku sama ka Fana. Ka Fana juga kayanya sibuk terus sama urusannya sendiri, aku juga ngerti ko, ka Fana udah kebiasaan tinggal sendiri. jadi sekarang ka Fana agak-agak nggak nyadar kalo aku ini ada, dan tinggal menetap bersamanya. Terus, rumah ini adanya di pinggir jalan. Yaah, kan ga bisa keliling-keliling, dan ada lebih banyak mobil dan motor yang lewat depan rumah, kebayang dong kalo aku duduk-duduk di depan rumah? Itu polusi udah ngerusak kesehatan banget.

Aku juga sekarang baru mengenal Serang. Aku ga tau apa-apa yang ada di sini. Yaah, ada sih yang tau, indomaret deket rumah sama Ramayana serang tadi. Oh iya, sekolah juga tau. Tapi jalan nya ga bisa di hapal. Ke sekolah nanti katanya ka Fana mau nganter jemput aku selama satu semester. Tapi katanya, abis itu, aku mesti belajar mandiri. Euh, mandi sendiri. Maka dari itu, aku dan ka Fana sepakat untuk pulang pergi sekolah naik angkot selama 1 bulan di akhir semester. Sebelnya gini, angkot di Serang itu ga pake nomor, jadi nya mesti ngomong tujuan nya. Padahalkan, kalo di nomorin jadi lebih enak dan gampang. Hhh.. Harus belajar menghadapi perubahan yang amat-amat besar.

Makanan di sini juga beda sama di Bogor. Disini begini, di sana begitu. Kalo di sana sering makan ini, di sini sering makan itu. Bakalan ada makanan kesukaan yang baru nih. Yaah. Yang penting mah ada makanan. Dari pada kelaperan. Nah, sekarang kita lanjutkan saja dan percepat sampai hari dimana aku mulai sekolah.

Ini dia. Hari yang ditunggu-tunggu datangnya.Tiba juga hari ini. MOS akan segera ku hadapi. Heuh, gimana ya? Yang penting pagi ini aku sudah bersiap berangkat sekolah, sementara ka Fana masih berlibur 1 minggu lagi karena ia ga ikutan ngurusin MOS di sekolahnya, dan ga ada pelajaran di sekolahnya. Curang banget :(

Yang aku rasain itu rasa deg deg an, soalnya kata ka Fana, MOS itu dikerjain. Dan maka dari itu, aku sempet ga mau masuk sekolah. Tapi itulah, aku hadapi aja enaknya.
"Ayo Ran"
"Iya ka, bentar"
"Cepet dong. Ka Fana mau cepet-cepet tidur lagi"
"Yah, ka Fana malesan orangnya"
"Hih. Kamu nih."

Dan aku pun berangkat ke sekolah ku. Perjalanan nya sih ga terlalu lama. Cuma sekitar 10 menit aja dari rumah naik motor. Kalo naik angkot bisa 15 menit kali ya? Soalnya berenti-berenti melulu. Dan, tanpa basa basi lagi. Setelah aku sampai, ka Fana langsung ngebut se ngebut-ngebut nya. Dan tampak seperti orang yang ga niat naik motor.

Dengan jantung yang berdetak sangat kencang, ku masuki sekolah ku yang baru ini. Terlihat ada banyak siswa lain yang sepertinya berasal dari sd yang sama, sehingga mereka bisa berkumpul dan mengobrol layaknya masih berada di sd. Berbeda dengan ku yang cuma bisa plongo di depan gerbang dan memperhatikan aktifitas orang-orang yang melintas di depan ku.

TENG TONG TENG

Bel nya ahirnya berbunyi juga, tanda penderitaan ku berakhir, mungkin. Seluruh siswa baru dan siswa lama berbaris di lapangan menurut kelas nya. Dan ini dia barisan kelas ku, kelas 7d. Ku perhatikan satu per satu wajah teman-teman yang akan menjadi teman sekelas ku. Yang aku tau sebagian besar dari mereka berasal dari sd yang sama. Dan hanya ada beberapa siswa saja yang berdiam diri sendirian. Aku berbaris di barisan paling belakang, bersama seorang anak yang kelihatannya sendirian juga seperti aku. Ingin sekali aku tanya namanya, dan berkenalan. Tapi itu susaah banget. Rasanya takut dia ga suka sama aku, atau kata-kata aku ada yang salah, dan sebagainya. Tapi, tiba-tiba mataku tertuju pada seorang anak laki-laki yang berdiri di barisan depan, di barisan kelas ku. Ku perhatikan dengan sangat seksama, dan sangat teliti. Seragam yang dia pakai, sama dengan ku, itu tandanya SD nya dan SD ku sama. Muka nya masih sulit untuk dilihat. Tiba-tiba saja, rasa timbul rasa penasaran yang amat besar dalam diriku. 'Siapa ya dia?' Kalau dia memang teman SD ku. Aku merasa cukup beruntung karena ada orang yang aku kenal disini. Tapi itu memang masih kurang beruntung, karena di laki-laki. Kurang enak gitu loh, kalo bareng dia. Apalagi kalo dia udah punya temen laki-laki dan sangat akrab dengan nya, repot deh.

"Hei, kamu liatin apa?"
"Loh? Eh, nggak ko"

Beneran! itu kaget banget. Tiba-tiba si anak disampingku yang tadi itu berbicara dengan ku. Dia ngagetin banget. Soalnya aku lagi khusyuk bengong.

"Oh, maaf saya ya nanya"
"Eh, ga apa-apa kali"
"He, aku Oni. Nama kamu siapa?"
"Oh, kalo aku Runi, panggil Ran juga boleh"
"Ran? Keren banget nama kamu"
"Eh, nggak ko, biasa kali, nama pasaran. Nama kamu yang bagus, unik"
"Iya gitu? Makasih ya. Nama kamu itu bagus juga Ran, banget malah"
"Hehe, makasih Ni."
"Sama-sama. Emm, kamu bukan dari sini ya?"
"Iya, ko tau?"
"Seragam kamu tulisannya Bogor"
"Oh. Oh iya ya?"
"Yah, kamu."
"Kalo kamu dari sini?"
"Iya, dari TK sampe sekarang di Serang terus"
"Wah, lahir di Serang?"
"Kalo lahir sih, di Semarang. He"
"Emm. Iya iya."

Dan ahirnya kami diam mendengarkan ceramah yang diberikan guru yang katanya bernama Pak Sukma. Setelah waktu berjalan sekitar 20 menit, ceramah nya baru selesai, berarti itu namanya bukan kultum. Karena emang ga ngebahas ceramah agama. Yang dibahas visi misi sekolah lah, peraturan lah, dan yang gitu-gitu. Tiba juga saat nya murid baru memasuki ruangan kelas nya masing-masing. Dengan di bimbing oleh kaka pembimbing nya, kami murid 7d masuk ke kelas yang lumayan besar, dan adem karena ada pohon mangga besar di depan kelas.

"Oke semuanya. Gimana kabarnya sekarang?" kata kaka no.1
"Baik"
"Nah, karena kalian baru masuk ke sekolah ini, maka kalian harus mengikuti MOS, ada yang tau kepanjangan nya?" kata kaka no.1
Salah satu temanku mengangkat tangan
"Masa Orientasi Siswa"
"Iya, benar" kata kaka no.1
"Udah sih, langsung aja. Kenalin diri, terus kenal-kenalan semua siswa nya, ga usah pake begituan segala" kata kaka no.2
"Yaudah deh" kata kaka no.1
"Nah, jadi kita kenalan dulu ya, nama kaka Yasmin."
"Kalo kaka, namanya ka Sinta"
"Kalo kaka yang ini namanya ka Putri"
"Kalo kaka, yang paling ganteng pastinya, namanya ka Riko"
"Dih, narsis banget lo Rik" kata ka Sinta
"Yang penting hepi" kata ka Riko
"Udah ah. Nah, kan udah pada tau nama-nama kaka nya, jadi sekarang tinggal kalian yang ngenalin diri satu-satu ya. Mulai dari kamu. Sebutkan nama, asal sekolah, dan alamat rumahnya" kata ka Yasmin sambil menunjuk seorang anak yang duduk di bangku paling depan sebelah kanan
"Nama saya Galih. Saya dari SD 13 Serang, rumah saya di Jl. Parang No.12"
"Nama saya Deni. Saya dari SD 4 Bogor, rumah saya di perumahan Puri"
Hah? Dia? Deni? Temen sekelas ku waktu SD kelas 6? Sekarang sekelas dengan ku lagi? Waw. Sekarang kita percepat bagian ku dan anak yang lain. Biar cepet beres ceritanya.


"Oh. Oke, berarti ada 2 anak yang berasal dari luar kota. Kamu, siapa tadi? Oh iya, Deni dan kamu yang dibelakang itu, siapa tadi namanya?" kata ka Putri
"Runi"
"Nah iya, Deni dan Runi. Pas dong Ni-Ni?"
"Nenek aja sekalian Put" kata ka Riko
"Nah, itu ajalah ya. Udah pada tau nama temen-temen nya kan? Jadi, sekarang ka Putri kasih waktu 10 menit untuk kenal-kenalan sama temennya." kata ka Putri
"Dan, ketika udah 10 menit, kalian harus bisa nyebutin minimal 7 nama temen kamu, dikit kan? Baik kaka mah, dan jangan lupa tunjukin orang nya yang mana. Ngerti?" kata ka Yasmin
"Iya ka"
"Nah, mulai dari.. SEKARANG"
Anak-anak pun ribut bertanya nama masing-masing, sementara kaka pembina keluar kelas dan tampak santai. Aku agak khawatir, yang aku tau cuma Oni aja. Oh iya, sama Deni juga.
"Hei, nama kamu siapa?" tanya 2 orang anak perempuan
"Eh, Runi"
"Oh, aku Aca"
"Kalau aku Sela"
"Oh, iya. Makasih ya."
kemudian aku ikut pecicilan kaya anak yang lain, berusaha untuk inget nama dan muka nya, ternyata ga semudah yang ku kira. Dan ahirnya aku cuma dapet 6 orang, yaitu Oni, Deni, Aca, Sela, Galih, dan H
era
. 3 cewe dan 3 cowo.
"Oke semua nya. Waktu habis, sekarang kaka mau tunjuk orang yang terpilih"
Deg. Jantung ku kaget banget, aku takut di tunjuk dan ga bisa jawab terus nya nanti dihukum, dan aku dihukum sendirian. sedih! Serem banget. Takut hukumannya aneh-aneh. Takut dimarahin, takut macem-macem. Pengen nangis banget :'(

"Kamu." Kata ka Riko pada ku
AArrrgghh. Kenapa? Kenapa mesti aku yang pertama? Heuuuh! :(( bad mood ah.
"Sa, saya ka?"
"Ya iye lah, ayo sebutin."
"Emm, yang itu Oni, itu Aca, itu Sela, terus itu Galih, mm, itu Hera, sama itu Deni"
"Udah? satu lagi dong"
"Emm, mm, eeuh.. Nama kaka aja boleh ga ka?"
"Hahahah" Mantep! Hampir sekelas pada ketawa :((
"Boleh boleh, ga apa-apa, sok sebutin, tapi semuanya, ga boleh satu aja"
"Mm, iya, ini ka Riko, ini ka Sinta, ka Putri, sama ka Yasmin"
"Nah, yee! Bisa kan? Oke deh, yang lain. Cari mangsa lagi" kata ka Sinta
Heeuufff.. Tenang deh sekarang. Tapi tetep aja tadi malu pisaaan, diketawain anak sekelas, terus nya jawabnya asal lagi. Huh, apa awalnya emang gini ya?

"Kamu nih, yang ini, siapa namanya?" kata ka Yasmin
"Sela"
"Bisa sebutin tujuh?"
"Insyaallah ka"
"Oke, coba buktikan"
"Hem,itu Aca, itu Runi, itu Deni, itu Galih, yang itu Fega, mm itu Oni, sama terahir Titi"
"Oke deh. Lulus yah? Sekarang cari satu lagi aja deh. Yang mana ya?" kata ka Riko
"Cowo dong Ko. Masa cewe terus sih? Cowonya kan juga kepengen dipilih tuh"
"Oh, gitu yah? Kalo gitu, Putri aja yang milih, dia mah ahli"
"Eh, apa tuh maksudnya? Tapi oke deh, dari pada ka Riko yang milih, mending ka Putri dong. Iya kan?"
"Lah. Ga ada yang ngejawab, kesian deh lu"
"Kamu, berdiri sebutin 7 temen mu"
"Saya ka?"
"Iya kamu. Deni bukan?"
"Iya ka"
"Yaudah, sok"
"Galih, Runi, Aca, Oni, euh.. Sela, Hera, sama.. Ilo"
"LULUS. Hore.. Berterimakasihlah kalian yang udah diwakilin sama tiga temen kalian tadi. Soalnya kalian jadi ga usah nyebutin. Dan turut berduka untuk yang dipilih, mungkin lagi ga hoki"
"Yah, Sin, pikiranmu hoki-hoki-an, yang penting udah kenal kan? Sekarang kita mau main games ga?" kata ka Yasmin
"Mau" kata siswa 7d ga serempak, ada yang ketinggalan, ada yang kecepetan
"Ada yang punya usul mainan ga? Yang punya permainan gitu?" kata ka Putri
"Ga ada?" kata ka Sinta
"Kalo gitu kita yang pilih mainan nya ya. Ga ada yang ngasih usul sih" kata ka Riko
"Ka" Tiba-tiba Galih angkat suara
"Iya, kenapa Lih?"
"Ekhm, Putri udah afal. Keren deh"
"Em. Ka, boleh usul sesuatu ga ka?"
"Ya boleh lah, asal yang bagus, apa gitu?"
"Pilih sistem organisasi kelas nya ka. Kaya ketua kelas, wakil, sekertaris, yang gitu-gitu deh ka"
"Oh iya. Bener! Ampir aja lupa. Makasih ya kamu" kata ka Sinta
"Iya ka"
"Kalo gitu. Ayo voting angka. Nominasi KM maju!"
Heran, bisa gitu ya, ada yang berinisiatif mau jadi salah satu dari petugas kelas yang kaya gitu. Padahalkan kalo jadi kaya gitu repotnya ampuun.

"Bagus, ada 4 anak atas dasar kemauan sendiri. Sekarang kalian liat baik-baik, ini Galih, ini Hera, ini Surya, dan ini Ilo, ingat-ingat! Sekarang tutup mata, jangan ngintip, angakat tangan yang Galih"
"Lumayan tuh, ada 9 kalo yang Ilo?"
"4 orang, Surya?"
"5 tuh, terahir Hera sisanya, angkat tangan ayo yang Hera"
"7 deh sisanya."
"Sekarang boleh buka mata, dan kita pilih Galih sebagai KM, Hera jadi wakilnya, Surya sekertaris, terahir Ilo bendahara. Itu dulu aja, nanti yang lainnya urusan kalian. Ga campur tangan kaka pembina oke?"
"Oke"
"Sekarang main dong, ga main-main nih"
"Itu aja. Biar sekalian" kata ka Yasmin
"Apaan?" kata kaka yang lain

Ka Yasmin pun tampak membisikkan sesuatu kepada teman-temannya. Serius sekali, seperti itu rahasia terbesar di dunia yang tidak boleh di ketahui kami, sang bocah-bocah petualang. Ahirnya rapat kaka-kaka itu dibubarkan

"Nah, kita udah dapet mainan nih, namanya amoba. Mau nyoba ga?"
"Mauu"
"Cara mainnya gampang ko. Misalnya kaka bilang 'buat amoba 2orang berdasarkan yang rumahnya deket' nah, itu berarti kalian bikin kelompok, terdiri atas 2 orang yang rumahnya deketan. Ngerti ga?"

"Berdua aja ka?"
"Enggak. Tergantung, kalo kaka bilang 'buat Amoba 2 orang' berarti 2, 3 orang berarti 3, dan seterusnya. Ngerti ga? Ada pertanyaan lagi?"
"Nggak"
"Oke, kita mulai, dari ka Sinta dulu yang ngomong"
"Ok deh, makasih, hemm. Buat amoba 3 orang berdasarkan inisial nama nya"
Wadoh. Anak-anak seliweran berlalu lalang di dalam kelas, aku sendiri juga bingung siapa yang inisialnya R. Tiba-tiba ada anak cowo yang teriak-teriak 'Yang R yang R, mana?' tanpa basa basi, ku datangi aja itu orang, dan kami mencari 1 orang lagi, datanglah sang manusia yang ditunggu, di cewe, dan kelihatannya sangat pendiam.

Kulihat ada beberapa temanku yang ga kebagian temen, karena ga ada yang inisialnya sama. Tapi aku paling kasian sama Oni. Coba sih, sekarang kan jarang banget inisial O, makanya aku bilang nama dia unik. Soalnya ga pasaran, tapi keunikan itu berahir buruk :( Lebih parahnya lagi, ternyata Oni sendirian, tapi nggak juga sih, ada satu cowo yang inisialnya Y katanya, nambah repot.

"Nah, inikan cewe satu, cowo satu. Mau di kasih hukuman apa nih?" kata ka Putri
"Jodohin, jodohin" kata anak-anak segampang nyobek kertas
"Jangan, apa ya? Yang rada-rada mendidik ga ada?" kata ka Yasmin
"Jawab pertanyaan" kata seorang anak
"Nah, boleh tuh, apa pertanyaannya?" kata ka Sinta
"Kaka yang ngasih" kata anak itu lagi
"Hmm, berapa nomor hape kaka?" kata ka Riko segampang-gampangnya
"Yaah, jangan gitu geh Ko. Gini, em. Apa warna cat sekolah?"
"Kuning" jawab Oni dan anak Y itu serempak, tapi rada cepetan Oni
"Oke deh, boleh gabung sama temen-temennya lagi deh."
"Sekarang amoba yang baru, oleh ka Yasmin"
"Nah, buat amoba 7 orang berdasarkan kepada sesuka hati"
Sunyi
"Maksudnya amobanya terserah pilih temennya, yang penting7 orang"

Langsunglah semua murid berlarian dan menggandeng temannya, seperti soulmate yang mate banget. Tiba-tiba Oni datang dan menggandeng ku

"Ran, bareng. Awas kalo nggak."
"Ya iyalah akus ama kamu, da aku ga punya temen lagi"
"Jangan gitu dong, cari lagi yok"

Aku dan Oni berjalan kian kemari, padahal masih di dalam kelas yang besarnya mungkin bisa dikategorikan kedalam kelas yang sedang, turun kebawah dikit aja, mungkin bahasa enak nya 'hampir kecil'. Tepat. Dan ga tau kenapa, tiba-tiba Galih dan Deni sudah bersatu ke dalam kelompok kami. Jadi kami hanya perlu mencari 3 orang lagi, dan entah kenapa, Aca dan Sela pun ikut-ikutan masuk ke kelompok kami. Yah, baguslah, ga usah repot nyari, mangsa udah dateng sendiri. Satu lagi deh, siapa ya? Nah, kami memusatkan pandangan pada seorang anak Y yang barusan dihukum itu. Dia tampak sendirian dan belum dapat kelompok sama sekali, kami berinisiatif untuk mengajaknya ke kelompok kami.

"Hei, udah dapet kelompok belum?" kata Galih, dia emang pantes jadi KM, bijaksana sih
"Belum, ga ada temen sih"
"Mau gabung ga? Kita kurang satu" kata Aca
"Boleh nih? Kalo boleh sih mau"
"Oke deh, kita udah ber-tujuh" kata ku
"Yee" kami bahagia :))

"Nah, Udah pada dapet semua belom?"
"Saya belom ka"
"Oh, anak nya 29 ya? Dibagi 7, berarti lebih satu. Kamu ya?"
"Iya ka"
"Kalo gitu ga apa-apa deh, kamu masuk aja ke salah satu kelompok, pilih aja mau yang mana, ada 4 tuh."
"Iya ka. Makasih"
Tadi nya kupikir amak itu mau bergabung ke kelompokku, soalnya aku pengen dia bisa hepi hepi bareng kita yang disini. Tapi kayanya dia udah punya temen akrab di kelompok sebelah.

"Nah, kelompok amoba yang ini bakalan di jadiin kelompok buat kalian nginep di sekolah nanti. Tapi, tapi tunggu, kan ada cewe cowo ya satu kelompok? Iya kan? Nah, kalo tidur tetep cewe cewe cowo cowo, tetep dipisah ya cewe cowo nya, tapi kalo ada kegiatan cewe cowo nyampur. Oke? Paham?"
"Iya ka"
Ku dengar ada beberapa murid yang ber-yes-yes ria, ada pula yang mengeluh pelan karena mungkin ia terpisah dari kawan-kawannya. Tapi satu yang ku tau. Aku tau kalau kelompokku bahagia semua.
"Sekarang kalian kasih nama kelompok nya ya. Namanya terserah, mau D'Massiv ke, mau Vidi Aldiano ke, mau jeruk, mau apel, mau kucing, awan, meja, ka Riko and geng, segala bolleh."

Teman-teman di kelompokku mulai berunding tentang nama kelompok kami
"Gimana kalo 'De Monsta'? Bagus ga?" kata anak Y itu
"Hem, tapi sebelum itu kita mesti kenalan dulu dong. Mau ga?" kata ku
"Boleh lah. Sampe lupa kenalan, nama saya Galih, ge a el i ha, Galih."
"Sayah Deni, Deenii"
"Aku Aca. Tapi bukan Acha septiasa"
"He, baru mau bilang gitu. Kalo saya Sela, es e el a"
"Aku Runi, eh, panggil Ran juga boleh ko"
"Oni, perlu dieja? o en i? udah kan? puas?"
"Haha. Kalo aku nih, Yega. Mantep kan?"
Ooh.. Namanya Yega, sekarang ga manggil manusia Y atau anak Y lagi deh :(

"Jadi namanya?"
"Kalo gabungin nam kita gimana?"
"Ntar, di tulis dulu" kata Aca
"Gausah, langsung aja" kata Deni
"Okeh deh. Biar ga boros kertas juga" kata Aca sambil terkikik geli
"Galih, Deni, Aca, Sela, Ran, Oni, Yega"
"Hem.. Gadecalaraniga"
"Walah? Nama apaan tuh? kepanjangan, tapi lumayan keren sih"
"Ganti, apa ya? Em, huruf G, D, A, S, R, O, Y" kata Galih
"GDSROY?"
"Ya nggak lah, di rangkain jadi bagus, misalnya, Sadyrog" kata Galih
"Sadyrog? Mmm, kayanya terlalu aneh deh"
"Iya juga ya. Apa dong?" kata Galih
"Dygosar!" kata Sela lantang
"Waw. Bagus juga tuh"
"Dan ga kepanjangan"
"Mau Dygosar? Ato dimodif lagi? mungkin 'The Gysar'? Atau 'De Gossar'? Mungkinkah?"
"Kayanya aku pilih Dygosar aja deh, biar lebih mampangin nama kita gitu tuh" kata ku
"Oke. Sepakat. Namanya 'DYGOSAR' DEAL?"
"DEAL"
kami pun melakukan acara tos-tos an yang lumayan bikin tangan merah.

Inilah dia, awal dimana kami ber-tujuh menemukan nama 'Dygosar' yang sebenernya usul Sela. Tapi usul Galih juga untuk gabungin inisial, pokonya nama ini nama milik kita, kita punya nama 'Dygosar' dan kita sangat bangga. Hehehe.

Naah,gimana? seru tidak?
Semoga seru, oh ya bagi yang nganggep ceritanya
rada-rada lebay, maap banget.. ga ada inspirasi sih..
Terus maaf ya kalo kebanyakan dialog
ga bisa bikin kata-kata ceri yang bagus
atau ada yang berpendapat kebanyakan
tulisan, maaf itu ketudak sengajaan
adapula kesamaan nama atau peristiwa
ini tidak disengaja. Mau tau kelanjutannya?
Jangan menyerah, jangan putus asa,
nantikan terus kelanjutannya
di 'Menu Blog'